Heboh Video Hujan Cuma Guyur Rumah Kiai Di Makassar

Heboh Video Hujan Cuma Guyur Rumah Kiai Di Makassar

Video dengan narasi rumah milik Kiai di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Rumah kiai diguyur hujan saat matahari terik viral di media sosial. Bagaimana faktanya?

BACA JUGA : PSI Hampir Memecahkan Ambang Batas DPR Di Polling Institute

Dilansir detikSulsel, dalam video yang beredar, tampak sebuah rumah Kiai yang seakan diguyur hujan rintik-rintik. Seorang wanita alias perekam video terdengar menjelaskan bahwa rumah itu milik seorang kiai.

“Terjadi hujan. Satu-satunya rumah Pak Kiai, terjadi di Jalan Sunu. Sendiri rumah kehujanan ini sayang,” kata wanita tersebut, dikutip dari detikSulsel , Sabtu (14/10/2023).

Inilah Cara Mengatasi Berita Hoax di DUnia Maya

“Pak Kiai, ada hujan, satu-satunya menjadi rumah yang dihujani. Kau lihat semua basah di depan rumah gara-gara hujan,” ujarnya menimpali.

Usut punya usut, video itu ternyata hoax. Pemilik rumah dan perekam mengakui narasi yang beredar adalah keliru.

Rumah tersebut yang berada dalam video beredar di Jalan Arif Rahmat Hakim, Makassar. Peristiwa dalam video berawal saat pria bernama Faisal (60) menyiram atap rumahnya.

Tiba-tiba istri Faisal muncul dan membuat rekaman video. Namun dalam visual video yang direkam oleh istri Faisal seolah menunjukkan rumah tersebu sedang diguyur hujan.

Sejak Saat itu istri Faisal pun tiba-tiba bercanda dengan mengatakan bahwa rumah itu diguyur hujan saat matahari sedang terik. Dia juga menyebut rumah itu satu-satunya yang diguyur hujan.

“Ini hanya berita hoax saja, becanda saja nya itu, ibu dan teman-temannya itu, sampai ibu (istri Faisal) terlepas sama temannya,” kata Faisal saat ditemui detikSulsel di lokasi, Sabtu (14/10/2023).

Faisal mengaku istrinya merekam video itu pada hari Jumat (13/10). Menurutnya, dia sebenarnya sudah menyirami atap rumahnya.

Dia menjelaskan bahwa istrinya lah yang merekam video kejadian itu lalu mengirimkannya ke temannya. Hingga belakangan video itu menjadi tersebar dan viral.

“Saya hanya nyiram-nyiram atap ke atas, terus jatuh dikira hujan. Jadi sebenarnya itu lucu-lucu sama teman temannya,” ujarnya.

“Dia kirimkan itu lucu-lucuan kenapa sampai viral kemarin itu,” imbuhnya.