PSI Hampir Memecahkan Ambang Batas DPR Di Polling Institute

PSI Hampir Memecahkan Ambang Batas DPR Di Polling Institute

Setelah menjabat sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia, Kaesang Pangarep memberi efek kuat terhadap elektabilitas PSI. Hal ini tunjukkan melalui survey lembaga Polling Institute.

Dari hasil survey, PSI hampir menyentuh ambang batas untuk masuk ke parlemen Senayan. Dari 1,1% menjadi 3,5%. Survey ini dilakukan pada 1-3 Oktober 2023 dan terhadapt 1.206 responden.

Target dari survey tersebut adalah WNI berusia 17 tahun atau yang sudah menikah. Pemilihan sampel dilakukan melalui RDD (Random Digit Dialing).

RDD adalah sebuah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor HP secara acak. Survey ini dilakukan oleh pewawancara terlatih. Margin of error ±2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim memaparkan hasil survei terkait efek Kaesang terhadap PSI. Hasilnya, PSI memperoleh angka 3,5%.

“Tampak dukungan PSI menguat ketika pemilih diberikan informasi bahwa Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo saat ini adalah Ketua Umum PSI, dari 1,1% menjadi 3,5%. Kontribusi terbesar terutama dari basis PDIP, PPP, Gerindra dan kelompok non-partisan,” kata Kennedy dalam pemaparannya.

Berikut hasilnya:

Mulanya responden diberi pertanyaan:

Apakah Ibu/Bapak tahu atau pernah dengar nama Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo? (%)
-Ya, tahu 78%
-Tidak tahu 22%

Apakah Ibu/Bapak suka atau tidak dengan Kaesang Pangarep? (%) (Base: Tahu Kaesang Putra Bungsu Jokowi)
-Ya, suka 66,8%
-Tidak suka 18,6%
TT/TJ 14,6%

Apakah Ibu/Bapak suka atau tidak dengan Kaesang Pangarep? (%) (Base: Tahu Kaesang Putra Bungsu Jokowi)
-Ya, tahu 54%
-Tidak tahu 46%

Setuju atau tidak Kaesang Pangarep menjadi Ketua Umum PSI? (%) (Base: Tahu Kaesang Pangarep)
-Setuju 67,1%
-Kurang/tidak setuju 22,0%
TT/TJ 11,0%

BACA JUGA : Mayat Membanjiri RS Gaza Saat Serangan Israel Semakin Intensif

Efek Kaesang

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo saat ini adalah Ketua Umum PSI, jika pemilihan anggota DPR diadakan sekarang ini, partai atau calon dari partai mana yang akan Ibu/Bapak pilih dari daftar partai berikut ini? (%)

Berikut hasilnya setelah Kaesang Pangarep ditetapkan sebagai Ketua Umum PSI:

PDIP 23,1%
Gerindra 14,0%
Golkar 7,1%
Demokrat 6,7%
PKB 5,7%
PAN 5,4%
NasDem 4,4%
PKS 4,0%
PSI 3,5%
Perindo 2,9%
PPP 2,7%
Ummat 1,0%
PBB 0,8%
Hanura 0,7%
Gelora 0,4%
PKN 0,2%
Garuda 0,0%
Buruh 0,0%

Ambang batas parlemen adalah batas minimum bagi partai politik (parpol) untuk dapat menempatkan anggotanya duduk di DPR jika perolehan suaranya pada pemilu memenuhinya. Ambang batas parlemen untuk Pemilu 2024 ditetapkan 4%. Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pemilu.