Dampak Buruk Diare Jika Tidak Di Tangani Dengan Segera

Dampak Buruk Diare Jika Tidak Di Tangani Dengan Segera

Diare yang merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami dan akan jadi dampak buruk jika tidak di tangani dengan cepat dan segera. Gangguan pencernaan ini bisa menjadi serius apabila tidak diberikan pengobatan yang tepat dan cepat, terutama pada anak-anak. Penyebab penyakit ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktir seperti infeksi bakteri, virus, parasit pada saluran pencernaan dan konsumsi yang terlalu manis atau pedas.

Baca Juga- Tukang Pijit Refleksi Di Bali Perkosa Pelanggan Yang Baru Ganti Baju

Dampak Buruk Dari Diare Jika Tidak Di Tangani Dengan Segera

Umumnya diare dapat disembuhkan dengan minum obat atau bahkan sembuh dengan sendirinya selama 2 sampai 3 hari. Namun terkadang penderita dapat mengalami diare yang berbahaya sehingga perlu diwaspadai agar tidak terjadi keterlambatan dalam pengananannya. Diare juga sangat berbahaya karena dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat mengancam jiwa penderita jika tidak segera ditangani.

Menurut Kementrian Kesehatan, dehidrasi dapat terjadi pada pasien diare karena organ usus bekerja secara tidak optimal. Sehingga sebagian besar air yang terlarut didalamnya keluar bersama dengan feses sampai akhirnya membuat tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi juga akan menjadi lebih berbahaya pada anak-anak dan orang lanjut usia. Bahkan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Dampak Buruk dari diare jika tidak ditangani dengan segera.

Selain itu pasien yang dehidrasi karena diare kemungkinan dapat menhalami komplokasi. Seperti syok Hipovolemik, Hipokalemia, Hipotoni otot, kelemahan, Hipoglikemia, Kejang, dan Malnutrisi energi protein. Jika diare tidak sembuh dalam beberapa hari hingga berminggu-minggu, biasanya menandakan adanya masalah lain. Seperti Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS). Kelainan yang lebih seirus termasuk infeksi berkelanjutan, penyakit Celiac atau penyakit radang usus (IBD).

Maka dari itu disarankan untuk segera melakukan penanganan kepada penderita diare dan lebih baik konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan. Agar segera mendapatkan perawatan dan mencengah penyakit diare ini muncul.

Baca Juga- Evos Legends Gak Ikut Main Di MPL Playoffs Season 12