Buaya Bernama Riska “Ngambek” Tak Mau Makan Saat Di Penangkaran

Buaya Bernama Riska "Ngambek" Tak Mau Makan Saat Di Penangkaran

Buaya bernama Riska tidak mau makan “Ngambek” saat dikunjungi oleh pak Ambo di penangkaran Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Pak Ambo datang ke penangkaran untuk memastikan buaya tersebut dalam kondisi baik. Usai dievakuasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim.

Buaya Riska 'Ngambek' Tak Mau Makan Saat Dikunjungi Ambo di PenangkaranBuaya Riska ‘Ngambek’ Tak Mau Makan Saat Dikunjungi Ambo di Penangkaran

BACA JUGA : Dampak Buruk Diare Jika Tidak Di Tangani Dengan Segera

Lurah Guntung Denny Febrian mengatakan bahwa Ambo dan keluarganya datang ke penangkaran pada Jumat (6/10). Ambo diketahui sudah sangat lama memiliki ikatan kuat dengan hewan predator tersebut sehingga sering meluangkan waktu melihat kondisinya.

“Iya yang kami sampaikan kepada pak Ambo mengenai ciri-ciri buaya yang panjang 4,2 meter itu dari pak Ambo dan mengiyakan itu Riska. Makanya pak Ambo berkunjung kesana dan melihat kondisi Riksa,” ujar Denny kepada pak Ambo, Sabtu (7/10/2023).

Denny mengaku tidak sengaja bertemu dengan pak Ambo dan keluarganya di penangkaran. Dia mengatakan bahwa memiliki kegiatan di Balikpapan untuk mengunjungi satwa yang sudah direlokasi.

“Kemarin saya bukan mendampingi. Tapi pas kebetulan ada kegiatan di Balikpapan mengunjungi satwa yang direlokasi di sana kan ada dua satwa, pas melintas ada (bertemu) pak Ambo dan keluarga di sana,” ungkapnya.

Dia membenarkan bahwa buaya tersebut bernama tidak mau makan saat diberi makan oleh pak Ambo. menurut pak ambo hal tersebut lantaran buaya bernama Riska butuh beradaptasi dilingkungan barunya.

“Ya (ngambek) karena memang kondisi satwa tersebut sudah dipindahkan terus melakukan perjalanan yang panjang juga dari Bontang ke Balikpapan. Sepertinya butuh waktu yang cukup lama karena ada persiapan makannya harus dikarantina dulu,” imbuhnya.

Denny menuturkan kepada pak Ambo turut prihatin dan sedih dengan kondisi buaya yang bernama Riska tidak mau makan. Apalagi Ambo dan buaya Riska sangat dekat.

“Tanggapan pak Ambo ia juga merasa sangat sedih karena buaya tersebut adalah salah satu satwa yang beliau punya dan beliau sudah menganggap nya seperti anak sendiri dan memiliki rasa keikatan emosional,” sebutnya.

Denny menambahkan saat ini Ambo tengah berupaya mencari solusi agar buaya Riska dapat dikembalikan ke habitatnya.

“Beliau sedang mencoba mencari informasi bagaimana caranya buaya tersebut bisa kembali lagi ke habitatnya semula,” pungkasnya..

“Ya sudah diamankan, jenis kelamin jantan dan ukuran panjangnya 4,42 meter dan lebar perutnya 70 centimeter.” Jelas Kepala BKSDA Kaltim Ari Wibawanto kepada detikcom, Jumat (6/10).