Antisipasi Dampak Erupsi Gunung Merapi Bagi Kesehatan

Baru-baru ini gunung merapi erupsi tepatnya di Kabupaten Agam dan Tanah Datar Sumatera Barat pada 3 Desember 2023. Petugas SAR gabungan diturunkan mengevakuasi peduduk untuk antisipasi dampak erupsi gunung merapi bagi kesehatan.

Para Petugas SAR gabungan mengevakuasi penduduk di kawasan radius gunung Marapi untuk menghindari dampak erupsi gunung merapi.

Penduduk sekitar di arahkan olehPetugas SAR gabungan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Paparan abu vulkanik erupsi gunung merapi menyebabkan gangguan pernafasan bagi kesehatan. Selain itu juga dampak erupsi gunung merapi dapat merusak dan menganggu perlintasan udara bagi pesawat serta mengganggu sistem pernapasan.

Selain itu dampak erupsi gunung merapi Lava dapat menghancurkan ekosistem di sekitar dan kerugian material. Hal itu disebabkan aliran lumpur dan batuan yang tercampur dengan air serta merusak pemukiman masarakat di radius erupsi gunung merapi.

Gunung Marapi di Sumbar Meletus, Kolom Abu Setinggi 3.000 Meter

Baca Juga : Perkara hutang Ruslan Tega Habisi Nyawa Rekan Bisnis

Dalam mengantisipasi dampak erupsi gunung berapi bagi kesehatan sangat krusial.
Dengan menggunakan masker pelindung untuk mengurangi risiko terhirupnya abu vulkanik yang merusak paru-paru.

Menjaga jarak aman dengan mengevakuasi diri darikawasan radius gunung Marapi.

Selain itu gunakan kaca mata hitam untuk melindungi mata dari abu vulkanik serta minum air bersih tanpa tercemar kontaminasi abu vulkanik.

Tidak melakukan aktifitas yang berlebihan untuk menghindari gangguan pernapasan. serta menjaga aspek kesehatan dan gejala kesulitan bernafas.