Bahaya Asap Rokok Berpengaruh Pada Tumbah Kembang Anak

Bahaya asap rokok yang bisa berpengaruh besar pada tumbuh kembangnya anak. Menurut Kementrian Kesehatan (Kemenkes) asap rokok mengandung sekitar 5.000 senyawa berbeda dan sebagian besar itu sifatnya beracun bagi tubuh. Paparan asap rokok juga dapat menyebabkan masalah serius bagi anak. Vella Rohmayani yang merupakan Dosen Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Program Sarjana Terapan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya. Mengatakan kalau asap rokok dapat menurunkan nafsu makan, gangguan penyerapan nutrisi dan infeksi pernapasan, hingga dampak psokologis berbahaya pada anak.

Baca Juga- Ekonomi Indonesia Terancam Imbas Perang Israel Hamas

Bahaya Asap Rokok untuk Anak-anak - Kompasiana.com

Menurut Vella Rohmayani kalau penurunan nafsu makan akibat dari paparan asap rokok bisa disebabkan oleh kadar nikotin yang terkandung pada asap rokok. Nikotin dapat merangsang penurunan nafsu makan pada anak-anak dan mempengaruhi asupan nutrisi, serta tumbuh kembangnya pada anak.

Dia juga menjelaskan peningkatan resiko anak yang mengalami infeksi pernapasan akibat asap rokok, seperti bronkitis dan pneumonia. Tentunya Vella Rohmayani menegaskan kebiasaan anggota keluarga merokok di rumah dapat menyebabkan udara di lingkungan rumah dapat menjadi tidak sehat. Paparan ini menyebabkan terjadinya stres psikologis pada anak. Stres juga dapat mengganggu pola makan dan mengurangi nafsu makan. Berkurangnya nafsu makan dapat menghambar tumbuh kembangnya anak.

Baca Juga- Pembegal Ibu Dan Anak Saat Pergi Ke Pasar Di Medan Ditangkap