Viral Awan Abu Vulkanik Raksasa Terpantau Di Atas Gunung

Viral Awan Abu Vulkanik Raksasa Terpantau Di Atas Gunung

Viral Teramati awan abu vulkanik raksasa setinggi 6 kilometer  Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara. Sebelumnya, Gunung Ibu kembali mengalami erupsi pada Senin (27/5/2024) dini hari pukul 03.03 WIB.

Pasca erupsi, abu dan pasir menghujani pemukiman warga di sekitar Gunung Ibu.  Dan pos pengamatan gunung api, di Desa Gam Ici. Kecamatan Ibu, Halmahera Barat.  Setelah enam hari tidak mengalami erupsi, Gunung Ibu kembali meletus dengan ketinggian 6.000 meter. Kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam laporan yang diterima di Jakarta, Senin (27/5/2024).

Awan abu abu gelap bergerak ke arah barat. Letusan tersebut terekam melalui seismogram dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan terjadi selama 237 detik. Bahkan, lontaran lava pijar mencapai jarak satu kilometer dari pusat letusan hingga lereng Gunung Ibu.  Dari arah barat laut hingga selatan.

Viral Abu Vulkanik Raksasa Terpantau Di Atas Gunung Ibu Usai Erupsi

Badan Geologi mengeluarkan peringatan Volcano Observation Notice for Aviation (VONA) dengan kode merah untuk wilayah Maluku Utara. Layanan VONA untuk memberitahukan pilot, operator, pengelola lalu lintas udara dan ahli meteorologi tentang sebaran abu vulkanik untuk keselamatan penerbangan.

Wafid mengatakan, saat ini Gunung Ibu masih berstatus waspada atau level IV per 16 Mei 2024 hingga saat ini. Warga diimbau tidak beraktivitas dalam radius empat kilometer.  Dan perluasan sektoral tujuh kilometer menuju bukaan kawah di bagian utara kawah aktif Gunung Ibu.

Baca Selengkapnya………. Viral Teman Iseng Siram Bensin Siswi SD Tewas Terbakar