Viral Gempa Paps Pegunungan Akibat Aktivitas Sesar Lokal

Viral Gempa Paps Pegunungan Akibat Aktivitas Sesar Lokal

Viral sebuah Gempa virus berkekuatan 5,8 SR terjadi di Pegunungan Papua dan merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal di Zona Sesar Memberamo. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini telah memperbarui parameter dengan magnitudo M 5,5, kata Daryono mengutip Antara, Sabtu (8/6/2024).

Menurut dia, dengan memperhatikan letak episenter atau titik di bumi dan kedalaman hiposenternya, maka gempa yang terjadi merupakan jenis gempa.  Dangkal akibat aktivitas sesar lokal di Zona Sesar Memberamo. Dijelaskannya, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa memiliki mekanisme pergerakan ke atas.

Sementara itu, lanjut Daryono, gempa tersebut berdampak dan dirasakan di wilayah Kabupaten Jayapura dengan skala intensitas III MMI0.  Yakni getarannya terasa jelas hingga ke dalam rumah, dan getarannya terasa seperti ada truk yang lewat. Hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami

Ia menambahkan, hingga pukul 23.55 WIB, hasil pantauan BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. Untuk itu, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Viral Adanya Sebuah Gempa Papua Pegunungan Akibat Beraktivitas Sesat Lokal

Selain itu, masyarakat juga harus menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, atau tidak terjadi kerusakan akibat getaran.  Gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum dikembalikan ke dalam rumah.

Dalam peringatan dini yang dipublikasikan melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, Jumat, gempa dilaporkan.  Berpusat di darat dengan kedalaman 45 kilometer.  Pada koordinat 2,86 Lintang Selatan, 139,37 Bujur Timur atau 95 kilometer Timur Laut Kobagma. (semut/pohon)

Baca Selengkapnya………. Viral kejagung Tembak Jatuh Drone Yang Terbang Liar Di Area