Stabilitas Geopolitik Indonesia Pada Kawasan ASEAN-Jepang

Indonesian merupakan negara dengan letak dan wilayah geografis yang strategis. Stabilitas geopolitik Indonesia pada kawasan ASEAN-Jepang adalah manifestasi fondasi dalam kemitraan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi. Hal itu didukung dengan kemitraan  selama 50 tahun dalam menciptakan serta menjaga ketertiban dan perdamaian pada stabilitas di kawasan.

Kontribusi tersebut tercermin melalui kerja sama di berbagai sektor  ekonomi dan kerja sama lintas batas. Hal itu di sampaikan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Hotel The Okura, Tokyo. Pada Konferensi Tingkat Tinggi yang diadakan di Jepang membahas Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan kerja sama ASEAN-Jepang.

KTT 50 Tahun ASEAN-Jepang, Dorong Penguatan Ketahanan Pangan, Energi, dan  Transformasi Digital - Kompas.com

Baca Juga : Kolaborasi Pertamina dalam Menghadapi Trilema Energi

Stabilitas geopolitik Indonesia pada kawasan ASEAN-Jepang menciptakan kawasan yang tangguh dan pusat pertumbuhan ekonomi di Asia Timur dan Indo-Pasifik. Maka dari itu stabilitas pada kawasan ASEAN-Jepang menjadi tanggung jawab bersama. Untuk itu ASEAN-Jepang berkomitmen serta berkolaborasi dalam stabilitas dinamika global yang semakin kompleks. Dalam hal menciptakan landasan dalam membentuk dinamika politik, ekonomi, dan keamanan di kawasan ASEAN-Jepang.

Stabilitas posisi geografis ASEAN-Jepang bekerjasama dalam sektor diplomasi, pertahanan, dan ekonomi. Dengan menjalankan peran dan komitmen kerja sama pada kawasan ASEAN-Jepang dengan mempromosikan norma-norma internasional dan prinsip demokrasi melalui hukum internasional. Komitmen tersebut menjadi pondasi  kuat dalam menjaga stabilitas jangka panjang serta fokus pada pembangunan ekonomi, inovasi, dan kerja sama regional.